Pengertian dan Konsep Manajemen Pemasaran

Pengertian dan Konsep Manajemen Pemasaran

Dalam sebuah bisnis, istilah manajemen pemasaran bukanlah hal yang asing. Sayangnya, sebagian besar masyarakat yang baru memulai usaha masih sering mengabaikan hal ini. Bahkan manajemen sering dipisahkan dari proses pemasaran.

Padahal, manajemen dalam proses pemasaran memiliki peran yang sangat penting demi kemajuan bisnis yang dijalankan. Jika tidak ada manajemen yang bagus di dalamnya, maka pemasaran produk tidak akan memberikan keuntungan dan sulit mencapai target. 

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran termasuk salah satu cabang dari ilmu manajemen, namun lebih fokus pada aktivitas pemasaran dalam sebuah bisnis. Pengertian secara umum dari manajemen ini bisa diketahui dari beberapa definisi para ahli seperti berikut.

Kalau dilihat dari asal kata dan pengertian beberapa ahli, manajemen pemasaran secara keseluruhan dapat diartikan sebagai sebuah proses pengelolaan pada sistem pemasaran yang terdiri dari perencanaan, analisis, pengendalian, hingga pengawasan pemasaran. 

Kelima proses tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran serta target yang dibutuhkan oleh perusahaan. Oleh sebab itu, manajemen dalam pemasaran sangat dipengaruhi oleh dua faktor, yakni pihak marketing dan pihak konsumen atau masyarakat. 

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep dari manajemen pemasaran wajib digunakan oleh semua perusahaan dalam bidang pemasaran. Konsep ini menjadi syarat berlangsungnya sebuah perusahaan. Orientasi utama sebuah manajemen dalam pemasaran bukan pada perusahaan semata, tetapi juga kepada konsumennya.

Beberapa konsep dalam manajemen di antaranya:

1. Berorientasi kepada Konsumen

Konsep ini adalah yang paling terkenal dalam segala bidang usaha, di mana orientasi utamanya ada pada konsumen. Jadi, prioritas utama proses pemasaran bukan pada kepentingan perusahaan namun kepada pelayanan pelanggan.

Artinya, manajemen pemasaran harus bisa menjadikan konsumen sebagai raja yang semua permintaannya harus bisa dipenuhi produk. Bahkan kritikan mereka menjadi bahan perbaikan produk yang akan datang.

2. Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran tidak bisa dibuat seenaknya. Harus ada susunan yang tertulis secara teratur dan terperinci untuk mempermudah evaluasi dan perbaikan. Beberapa aktivitas pemasaran yang bisa direncanakan secara tertulis yaitu strategi, analisis, implementasi, dan pengawasan.

Keempat aktivitas tersebut adalah satu kesatuan sehingga tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan bisnis. Jadi, keempatnya mesti dilakukan dengan baik sesuai konsep manajemen yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Kepuasan Konsumen yang Utama

Cakupan dari kepuasan konsumen sangat luas, tidak hanya dilihat dari kualitas produk yang dijual saja, tetapi juga pada aktivitas pemasarannya. Misalnya pelayanan pelanggan, kemudahan transaksi, serta fungsi barang yang sesuai kebutuhan.

Pemasaran dengan manajemen memang dua hal yang berbeda. Namun, proses pemasaran tidak akan memberikan hasil maksimal tanpa ada sebuah manajemen. Oleh karenanya, manajemen pemasaran merupakan hal penting yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia bisnis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s